3 Tips Manajemen Gudang Agar Pengelolaan Inventaris Lebih Maksimal

Manajemen gudang adalah hal yang sangat penting dalam industri penyimpanan barang. Kesuksesan memenuhi pesanan pelanggan bergantung bagaimana manajemen gudang tersebut dikelola. Jika gudang dibiarkan berantakan, maka konsekuensinya adalah kesulitan mencari barang dari rak gudang yang dibutuhkan pelanggan, barang cepat rusak, mengalami keterlambatan pengiriman produk, dan sebagainya. Hal tersebut sebenarnya dapat dihindari jika memiliki manajemen gudang yang baik. Bila gudang tertata dengan baik, maka kelancaran bisnis akan terjamin.

Bagi Anda yang memiliki bisnis penyimpanan barang atau sedang merintisnya, berikut ini kami berikan 3 tips manajemen gudang yang sederhana untuk membantu memaksimalkan pengelolaan inventaris gudang Anda:

– Mengatur tata letak gudang
Langkah paling dasar untuk membangun manajemen gudang yang baik adalah mengatur ruang dan tata letak gudang. Anda harus merencanakan penempatan di setiap area gudang dan pastikan area tersebut tidak mengalami kesulitan dalam proses keluar masuknya barang. Berilah tanda pada setiap rak agar staf tidak kebingungan ketika meletakkan dan mengambil barang. Pastikan pula jalur lintasan gudang mampu dilewati oleh mesin pembawa barang.

– Taruh barang sesuai dengan tingkat permintaan
Barang yang paling banyak permintaan atau paling cepat penjualannya maka lebih baik diletakkan di area yang mudah diakses. Cara ini dapat menghemat waktu dan tenaga saat akan melakukan pengiriman, sehingga akan ada lebih banyak tugas yang bisa diselesaikan. Untuk memudahkan proses identifikasi barang, Anda dapat menggunakan inventaris otomatis.

– Lakukan hitungan siklus secara reguler
Hitungan siklus juga perlu dilakukan selain perhitungan fisik. Bila hitungan fisik cukup merepotkan karena harus menghentikan seluruh kegiatan gudang, maka untuk hitungan siklus Anda hanya perlu menghitung sebagian kecil barang di lokasi tertentu dalam gudang sehingga operasional gudang tetap berlangsung seperti biasanya. Hitungan siklus yang disarankan setidaknya tiga bukan sekali untuk mengurangi risiko penyusutan inventaris.

Itulah tiga tips dasar dalam membangun manajemen gudang agar proses inventaris dapat berlangsung dengan lancar. Jika dijalankan dengan benar dan teliti, maka secara perlahan manajemen gudang akan terbentuk dan barang-barang di gudang Anda akan lebih rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *